Penggalian Ide Untuk Judul Tugas Akhir/Skripsi

by 06.49 0 komentar

Pencarian judul skripsi merupakan sesuatu yang gampang-gampang sulit. Ada kalanya sudah dipikirkan selama berminggu minggu tetapi ada juga yang tidak kunjung tiba. Tapi, ada kalanya beberapa ide berbeda dapat muncul secara bersamaan. Meskipun demikian, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk membantu mencari ide skripsi :



  1. Skripsi yang sudah ada sebelumnya, biasanya skripsi yang sudah ada dibuat sebelumnya tersimpan di perpustakaan dan dapat dibaca mahasiswa (dibeberapa jurusan mungkin tidak dapat dipinjam dan hanya dapat dibaca di perpustakaan saja). Carilah judul yang anda anggap menarik dan bacalah sekilas apa yang dilakukan oleh penulisnya. Anda tidak perlu memahaminya terlalu detil, tetapi cukup memiliki gambaran kasar saja tentang apa permasalahan yang diselesaikan. Untuk itu, cukup hanya membaca Bab I (Pendahuluan) dan Kesimpulan.
  2. Dosen atau teman, Kadang-kadang dosen memiliki penelitian yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Oleh karena itu cobalah bertanya pada dosen minat bidang studi yang anda sukai. Mungkin ia tidak memiliki penelitian, tapi memiliki sejumlah ide yang yang dapat anda gunakan atau kembangkan. Meskipun agak jarang terjadi, adakalnya teman/senior anda memiliki topik skripsi yang bisa anda pakai.
  3. Pengembangan atau implementasi materi kuliah, sering kali judul skripsi berasal dari materi kuliah. Mungkin berupa implementasi/pengembangan dari suatu teknik atau penggabungan beberapa teknik yang berbeda.
  4. Internet, Dewasa ini, media internet memiliki jasa yang begitu besar bagi skripsi mahasiswa. Begitu banyak bahan yang bisa didapatkan dari internet, mulai dari materi kuliah hingga penelitian kelas besat. Media ini sebaiknya anda manfaatkab semaksimal mungkin. Apalagi sekarang internet sudah dapat diakses dari banyak tempat dan harganya yang murah. Berikut ini beberapa situs di internet yang dapat anda manfaatkan untuk penggalian ide mencari judul skripsi : 
         Untuk memperoleh suatu topik, ketikkan saja nama mata kuliah (dalam bahasa inggris) atau sesuatu yang lebih spesifik ke mesin pencari. Jika anda baru mulai mempelajari topik tersebut, mulailah pencarian dengan kata kunci yang lebih umum. Berikut ini beberapa tips melakukan pencarian pada mesin pencari seperti Google yang dapat anda gunakan :

Operator Boolean
  1. And, Mencari dua atau lebih kata dalam halaman yang sama.  Kata AND diketik diantara dua kata . Selain itu bisa pula tanda plus (+) ditempatkan pada kedua kata. Contoh: information AND system accounting + system.
  2. OR, Mencari halaman-halaman situs yang berisi salah satu atau lebih kata-kata yang dicari. Kata OR   diketik diantara kata-kata yang dicari. Contoh: accounting OR auditing
  3. AND NOT, Mencari halaman-halaman situs yang mencakup istilah /kata pertama, tetapi tidak berisi   kata kedua. Kata AND NOT diketikkan diantara kata-kata yang dicari. Selain itu bisa pula menggunakan tanda minus (-) didepan kata / istilah kata kedua. Contoh: accounting –system information
  4. " " (Tanda kutip), Mencari frase yang persis sama. Frase tersebut ditempatkan diantara dua tanda kutip ganda. Contoh: “information system”
  5. ( ), Mengelompokan bagian-bagian tertentu dalam pencarian. Contoh: accounting AND (information OR auditing)
  6. * , Mencari berbagai variasi bentuk suatu kata. Caranya adalah dengan menempatkan tanda aseterik (*) diakhir kata bersangkutan. Contoh: Kayak. Hasilnya berupa halaman-halaman yang berisi kata kayak, kayaks, kayaked, dll.
Akhirnya selesai juga... :-).
Semoga bermanfaat dan anda menemukan judul yang tepat untuk Tugas Akhir/Skripsi anda tentunya dengan karya sendiri bukan plagiat..

REFERENSI:
Polina, A.M. dan Siang,J.J.,2005, Kiat Jitu Menyusun Skripsi Jurusan Informatika/Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Bahan Kuliah Metode Penelitian oleh Eko K Sitepu, S.S STMIK-MIKROSKIL.

Sistem Informasi

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.