Konsep Sistem Informasi

by 23.14 0 komentar
Istilah sistem informasi menganjurkan penggunaan teknologi komputer di dalam organisasi untuk menyajikan informasi kepada pemakai. Sistem informasi berbasis “komputer” merupakan sekelompok perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mengubah data menjadi infomasi yang bermanfaat (George H. Bodnar dan William S. Hopwood, 2000).
Jenis-jenis sistem informasi adalah sebagai berikut (George H. Bodnar dan William S. Hopwood, 2000):
  1. Sistem Pengolahan data Elektronik (EDP), Sistem Pengolahan Data (EP), adalah pemanfaatan teknologi komputer untuk melakukan pengolahan data transaksi-transaksi dalam suatu organisasi. Sehubungan dengan perkembangan teknologi komputer, istilah pengolahan data mulai dikenal dan mempunyai arti yang sama dengan istilah EDP.
  2. Sistem Informasi Manajemen (SIM), menguraikan penggunaan teknologi komputer untuk menyediakan informasi bagi pengambilan keputusan para manajer.
  3. Sistem Pendukung Keputusan (DSS), data diproses ke dalam format pengambilan keputusan bagi kepentingan pemakai akhir.DSS mensyaratkan penggunaan model-model keputusan dan basis data khusus, dan benar-benar terpisah dari sistem pengolahan data.
  4. Sistem Pakar (ES), adalah sistem informasi berbasis pengetahuan yang menanfaatkan pengetahuannya tentang bidang aplikasi tertentu untuk bertindak seperti konsultan ahli bagi pemakainya.
  5. Sistem Informasi Eksekutif (EIS), bagi kebutuhan informasi stratejik manajemen tingkat puncak.
  6. Sistem Informasi Akuntansi (AIS), Sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi.
Referensi : Bodnar, H.G. dan Hopwood S.W., 2000, Sistem Informasi Akuntansi, Buku Satu, Terjemahan Amir A J  dan Rudi M T, Pearson Education Asia Pte.Ltd dan Salemba Empat, Jakarta.

Sistem Informasi

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.